Sebuah mini review tentang Yo-Flozz oleh Oke Rosgana, yang merupakan seorang pelopor permainan yoyo modern di Indonesia. Beliau sering juga disebut sebagai Bapak Yoyo Indonesia.

Review selengkapnya adalah sbb.:

Yo-Flozz tali Yo-Yo buatan Indonesia

Yo-Yo string dari Yo-Flozz sudah memikat mata saat melihatnya dengan tampilan warna Orange dan Green Neon. Dua warna yang mudah terlihat saat Yo-Yo dimainkan dan merupakan pilihan warna favorit para Yo-Yoers.

Pemilihan Warna tersebut memungkinkan Si Pemain, penonton dan Juri (jika dalam sbuah pertandingan) mudah Melihatnya, begitu juga jika kita mengambil gambar dengan video maupun foto... Apa lagi jika didukung pakaian dari pemain dan latar belakang yang berwarna gelap.

Namun yang terpenting dari tali Yo-Yo (Yo-Yo String) adalah bahan, yang akan mempengaruhi karakteristik tali Yo-Yo.
Bahan yang digunakan untuk Yo-Flozz yaitu polyester, meski dalam kemasannya di tulis Polyester 100%, karakteristik tali Poly -sebutan polyester- dari Yo-Flozz sangat nyaman, tidak licin dan tidak kaku, sehingga sangat mudah memainkan Trik-trik Tali Yo-Yo. Berbeda dengan tali Polyester pada umumnya yang terkesan licin dan kaku. Bahkan ada kalanya Tali Yo-Yo Polyester tiba2 terlepas dari jari pemain, krena licin dan sangat kaku. Namun bagi Yo-Flozz, kejadian seperti itu tak perlu dikhawatirkan.

Jumlah lilitan atau keregangan lilitan sangat mempengaruhi keluwesan tali, dan Yo-Flozz memiliki ketegangan yang cocok, menghasilkan berat dan kelenturan yang pasti disukai oleh para pemain Yo-Yo.

Berat tali dihasilkan dari jumlah lilitan, jumlah tali dan bahan yang digunakan. Polyester pada Yo-Flozz memiliki berat yang ideal (terutama utk Yo-Yo berbahan Metal atau Plastik diatas 63gr dgn. Sistem respon berjenis karet silicon)sehingga para Yo-Yoers akan mudah memainkan trik-trik 'Ayunan tali' (slack)... Dan Trik lecutan.

Setelah memainkan Yo-Flozz beberapa saat, masa pakai nya lebih panjang dibanding tali slick atau cotton, hal ini karena bahan polyester tidak mudah menyerap air atau keringat dan membuat tali lebih bisa tahan digunakan dalam waktu yang agak lama. Jagalah kebersihan tangan agar tali lebih awet disaat memainkan Yo-Yo.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah respon system, (bahan yang digunakan untuk membuat Yo-Yo kembali).... Bahan Polyester akan lebih cepat mengikis bagian silicon sebagai respon system dibanding tali berbahan Slick (campuran) atau cotton. Jadi tali Yo-Flozz mungkin akan mengikis bagian silicon lebih cepat dan anda hanya perlu rajin memeriksa sistem respon secara berkala.

Have a nice Throwing
Salam Yo
Ros

Sumber: Blog Sebuah Catatan Rosgana

Yo-Flozz bisa didapatkan di berbagai toko mainan terkemuka di Indonesia.

Tanggal posting: 1 October, 2011